Apa kabar semua?
Hari ini kita ingin share sedikit tentang hal-hal kecil yang emang sering terlupakan tapi crucial.
Hecticnya hari H itu udah kerasa dari minimal 1 minggu sebelumnya. Biasanya yang paling stress adalah Calon pengantin wanitanya. Makanya ada istilah "Bridezilla". :D
Please don't be!!! Makin hectic dan stress, makin banyak persoalan-persoalan kecil yang akan terlewatkan. Harus tenang, terus di list satu-satu. Kuncinya adalah "Delegasi". Bagi tugas ke orang-orang / WO. Jadi kalian bisa tetep enjoy yet cantik di Hari H. Jangan sampe mukanya ditekuk karena bete. Banyak loh yang nangis di hari H karena kesalahan-kesalahan di bawah ini. Sampe make upnya
touch up nya susah :D
Anyway.....
touch up nya susah :D
Anyway.....
Nich tips dari kita, biasanya yang terlupakan apa aja :
1. Makanan!!!! (Crucial ini :D)
Seringnya untuk ngebooking tukang make up aja susah, kadang-kadang pas rame-ramenya musim
pernikahan, bahkan pengantin wanitanya bisa make up jam 3 pagi. Padahal acara pemberkatan
baru dimulai jam 10 pagi. Terus belum lagi pager ayu / bridesmaids, orang tua ce dll.
Seringnya kelupaan tuch, sediain sarapan. Padahal selanjutnya acara dan prosesi akan jalan terus,
kasarannya mau nyolong waktu untuk ngemil aja susah, terutama pengantin wanita.
Jadi kalau bisa, beberapa hari sebelumnya udah disiapin tuch, catering / delivery untuk persiapan
hari H. Kira-kira berapa orang yang akan ada (bukan yang make up doank yach).
Kalau ngga siapin snack aja dari malem sebelumnya. Roti / Kue / gorengan dll.
Plus Kru hari H, karena biasanya documentary team itu dateng jam 6 jam 7 an pagi. Dan harus
ngeliput dari awal calon pengantin make up.
Kasian kan kalau belum makan. Efeknya bisa bikin kedinginan, emosi tinggi karena tahan
lapar, atau even worse... Karena lupa makan ntar maagnya kambuh.
Khususnya untuk Calon Pengantin baik pria maupun wanita harus banyak minum air putih
tuch seharian.
Untuk Calon pengantin yang pake jasa WO, pesen aja sama WOnya untuk pesenin makanan
untuk acara pagi, keluarga dan kru (Tim documenter, Tim make up, Tim WOnya sendiri, sopir,
dsb.) Terus jangan lupa pesen juga untuk snack sorenya. Kira-kira jam 4 sore gitu lah.
Jadi sambil tunggu family buffet dari tempat resepsi, bisa ngemil dulu.
Inget guys, Perut kenyang damai didunia. Hal kecil tapi efeknya bisa luar biasa apalagi kalau
kesalahan itu sampe malem. :D
2. Jemputan Keluarga dan Akomodasi
Seringnya masalah ini adalah bagi Calon pengantin yang punya banyak keluarga dari luar kota.
Pernah sekali kita ngalamin (jadi tamu doank this time), karena orang tua cenya dari Semarang,
waktu mau acara pemberkatan di gereja... ketinggalan di hotel. Karena car arrangementnya
kurang tertata.
Belum lagi lokasi akomodasi dan Hotel bagi keluarga yang dari luar kota.
Solusinya adalah, jauh-jauh hari harus di list tuch. Siapa aja yang dateng, berapa orang.
Jadi jangan cuman atur akomodasinya aja. Tapi pertimbangan pemilihan lokasi hotel nya harus
dijadikan alasan untuk ambil keputusan. Karena berhubungan dengan car arrangement nanti.
Kecuali keluarganya bisa jalan sendiri-sendiri.
Abis di list, di bagi dan dilihat dari segi tugasnya. Kalau ada WO bisa agak mendingan karena
tugas sudah diambil alih mereka. Kalau ngga pake WO, putuskan 1-2 orang ditiap lokasinya
untuk in charge dengan list itu. Siapa dimana, Siapa harus dijemput duluan, dll.
Lebih baik lagi kalau bisa sewa extra tambahan mobil / sopir. Jadi bisa dibagi car arrangementnya
sehari-sebelumnya.
3. List No telp orang penting.
Siapa yang pernah lagi mau prosesi penting, orangnya ngga ada... entah kemana...
Pasti pernah ngalamin, at least pas disono pas kejadian :D
Nah itu bisa dijembatanin dengan, List no telp orang siapa aja yang dibutuhkan (Orang tua
pengantin, Saksi, Wali, dll) dan bukan hanya keluarga, tapi siapa aja yang lagi dibutuhkan
tidak boleh jauh-jauh dari TKP dan di brief dulu semalem sebelumnya paling ngga.
Kalau mereka ada tugas di hari H ini ini ini. gitu...
4. Habits berlama-lamaan atau telat.
Ini yang paling penting!!! Hari H ngga boleh ada yang telat. Kadang-kadang pas ngga kebeneran
mungkin dapet WO yang kaya militer, atau agak ngaco.
Tapi memang ngga bisa ngomong sih, Telat 10 menit dari pagi, bisa ngefek sampe ke acara
malemnya. Takutnya jadi kacau semua. Ngga pengen juga kan ya, hari H yang udah kamu
siapin jauh-jauh hari dan pengennya sesempurna mungkin cuman gara gara prinsip lama
'ngaret-ngaret dikit gpp lah, cuman 5 menit' jadi 'kacau.
Jadi usahakan khusus di hari H nurut aja sama WOnya, atau panitia dari keluarga jika ngga
pake WO. Biar lancar aman jalannya acara. Apalagi kalau pake 'jam-jam' bagi yang masih
pake adat tradisional tertentu.
Tapi bukan berarti di 'setrap' di satu tempat juga yach :D bisa bete tuch.
Pernah nich pas jadi bridesmaid temen,
mungkin saking takutnya WOnya kalau kita hilang, kita disuruh standby di ruang make up dari jam
2, tanpa di kasi snack, tanpa boleh kemana-mana.
Bete juga tuch. Perlu dihindari :D
Anyway. Celotehan diatas cuman tips kasar dari kita aja. Semoga bisa membantu, mungkin ngga pasti bener juga solusinya karena tiap keluarga, dan case persiapan pasti beda.
Kalau ada yang mau di share atau ditanyakan silahkan msg kita aja langsung gpp. :D
Kalau ada yang mau nambahin, monggo.
Well, bagi yang lagi persiapan acara pernikahannya. Good luck yach :DD
Have a great day, semua
Kalau mereka ada tugas di hari H ini ini ini. gitu...
4. Habits berlama-lamaan atau telat.
Ini yang paling penting!!! Hari H ngga boleh ada yang telat. Kadang-kadang pas ngga kebeneran
mungkin dapet WO yang kaya militer, atau agak ngaco.
Tapi memang ngga bisa ngomong sih, Telat 10 menit dari pagi, bisa ngefek sampe ke acara
malemnya. Takutnya jadi kacau semua. Ngga pengen juga kan ya, hari H yang udah kamu
siapin jauh-jauh hari dan pengennya sesempurna mungkin cuman gara gara prinsip lama
'ngaret-ngaret dikit gpp lah, cuman 5 menit' jadi 'kacau.
Jadi usahakan khusus di hari H nurut aja sama WOnya, atau panitia dari keluarga jika ngga
pake WO. Biar lancar aman jalannya acara. Apalagi kalau pake 'jam-jam' bagi yang masih
pake adat tradisional tertentu.
Tapi bukan berarti di 'setrap' di satu tempat juga yach :D bisa bete tuch.
Pernah nich pas jadi bridesmaid temen,
mungkin saking takutnya WOnya kalau kita hilang, kita disuruh standby di ruang make up dari jam
2, tanpa di kasi snack, tanpa boleh kemana-mana.
Bete juga tuch. Perlu dihindari :D
Anyway. Celotehan diatas cuman tips kasar dari kita aja. Semoga bisa membantu, mungkin ngga pasti bener juga solusinya karena tiap keluarga, dan case persiapan pasti beda.
Kalau ada yang mau di share atau ditanyakan silahkan msg kita aja langsung gpp. :D
Kalau ada yang mau nambahin, monggo.
Well, bagi yang lagi persiapan acara pernikahannya. Good luck yach :DD
Have a great day, semua
No comments:
Post a Comment